Perbedaan Hand-lettering, Calligraphy dan Typography

April 23, 2019





Beberapa waktu yang lalu saya sempat menerima pertanyaan ini dari teman-teman komunitas. Pertanyaan ini sedikit menggelitik, pasalnya, banyak dari teman-teman yang sudah menekuni bidang tulis-menulis ini justru tidak paham baik maksud maupun maknanya. Jujur saja, ketika pertanyaan ini disodorkan, saya pun sedikit kebingungan. Akhirnya saya pun mencari beberapa penjelasan dari berbagai sumber yang dapat saya temukan. Apa sih perbedaan dari Hand-lettering, Calligraphy dan Typography?

Sebelum kita masuk ke perbedaan dari Hand-lettering, Caligraphy dan Typography, terlebih dahulu mari kita pahami asal muasal kata tersebut.

Hand-Lettering

Menurut Oxford Online Dictionary, Lettering diartikan sebagai

“The letters written or printed on something”

Kurang lebih jika diartikan kedalam bahasa indonesia, “Tulisan yang ditulis atau dicetak di atas sesuatu”. Lettering adalah istilah umum yang sering digunakan ketika berbicara tentang apa pun yang melibatkan menggambar huruf. Lebih spesifik, Hand-lettering mengacu pada tulisan yang dibuat menggunakan tangan secara manual tanpa adanya bantuan software digital.


Calligraphy

Asal katanya sendiri berasal dari istilah yunani καλλιγραφία - Kalligraphos (kallos = cantik, graphein = tulis) yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “orang yang menulis dengan indah”. Masih menurut Oxford, calligraphy diterjemahkan sebagai,

“Decorative handwriting or handwritten on something” - tulisan tangan dekoratif atau tulisan tangan diatas sesuatu.

Calligraphy adalah seni menulis dan masih berkaitan erat dengan tulisan tangan yang diproduksi secara manual. Biasanya proses menulis ini melibatkan beberapa alat khusus seperti pena dan tinta, dan ditandai dengan variasi upstroke dan downstroke dari setiap huruf. Kadang kala calligraphy memungkinkan untuk merubah huruf-huruf tradisional menjadi lebih bervariasi.


Typography

Typography diartikan sebagai “the style and appearance of printed matter” (gaya atau tampilan dari sesuatu yang dicetak) atau “The art or procedure of arranging type or processing data and printing from it” (seni atau prosedur mengatur jenis atau memproses data dan mencetak darinya). Typography banyak digunakan dalam pembuatan font untuk tampilan pada komputer. Proses pembuatan ini tentunya melibatkan pengaturan huruf ketika disandingkan dengan huruf lainnya sehingga huruf-huruf yang telah ditata tetap dapat terbaca secara jelas. Menurut pendapat saya pribadi, typography lebih merujuk kearah menata huruf-huruf sehingga didapat komposisi yang pas.


Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa Hand-lettering, Calligraphy dan Typography. Jika membicarakan tentang menggambar huruf saja, istilah hand-lettering lebih tepat digunakan. Sedangkan untuk menulis dengan indah, calligraphy lebih cocok. Dan untuk keperluan penataan huruf-huruf, lebih baik melibatkan kaidah-kaidah yang ada pada typography.

Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

Follow Me On Pinterest

Subscribe