Cara Menghapus Background Lettering Dengan Photoshop

April 18, 2019


Halo semua, terima kasih telah berkunjung di blog saya. Kali ini saya akan sedikit sharing bagaimana cara menghapus background pada karya yang sudah kita buat, dalam tutorial kali ini, Lettering. Tapi tidak menutup kemungkinan cara ini diaplikasikan pada karya-karya kalian yang lainnya. Oke deh, langsung aja kita masuk ke tutorial-nya.

Pertama, yang kalian butuhkan sudah pasti software Adobe Photoshop versi berapa aja (ya iyalah, sesuai sama judul postingan ini :) ), selanjutnya, karya lettering  yang akan kalian olah. Sebelumnya, silahkan kalian scan atau foto menggunakan smartphone kalian. Pada tutorial ini saya menggunakan gambar dibawah.

foto-korban

Kalo sudah, ikuti langkah berikut.

  1. Buka Adobe Photoshop, buat file baru. Masukkan file lettering kalian dengan drag and drop atau bisa menggunakan File > Open > letak file kalian.
  2. Pilih area dari lettering yang akan kalian olah, menggunakan Rectangular Marquee Tool atau dengan menekan tombol shortcut M. 
  3. Jika sudah, kopi seleksi tadi menjadi layer baru dengan memilih Layer > New > Layer Via Copy atau dengan menekan shortcut Ctrl + J.
  4. Terlebih dahulu ubah isi dari layer baru tadi menjadi hitam putih dengan cara Image > Adjustment > Desaturate, shortcutnya Ctrl + Shift + U. Lalu ubah level dengan menekan shortcut Ctrl + M (Image > Adjustment > Level). Atur sedemikian rupa sampai warna gelap benar-benar kelihatan kontrasnya dengan warna putih. Lalu klik Ok. 
  5. Langkah terakhir, kita pisahkan area putih tadi dengan memilih tab Channel di sebelah tab Layer, kemudian klik tombol di bawah 

  6. Nah, fitur Load Channel As Selection ini berguna untuk mengambil seleksi berdasarkan kontras warna tadi. Tetap dalam kondisi terseleksi tadi, pindah ke tab layer, lalu tekan shortcut Ctrl + J atau Layer  > New > Layer Via Copy 


Itu tadi langkah-langkah yang sering saya gunakan dalam memisahkan background dengan artwork kita. Sebenarnya ada banyak cara lain dalam hal memisahkan backgroud ini. Lain kali akan saya share di postingan selanjutnya di lain waktu. Oh iya, jika teman-teman sedikit kesusahan dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya dari video di bawah ini. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar di kolom bawah ya. Kalian juga bisa request jika ada yang ingin didiskusikan. See you...

You Might Also Like

0 Comments

Follow Me On Pinterest

Subscribe